Iq Ternyata Bukan Segalanya


Bagaimana sih bekerjsama yang dimaksud dengan anak cerdas? Tentu jawabannya beragam. Yang jelas, kecerdasan mencakup banyak aspek, dari bahasa sampai emosi.

Lantas, bagaimana cara menyebarkan kecerdasan dan kreativitas anak? Untuk mengukur tingkat kecerdasan anak, bisa dengan melaksanakan tes IQ. Namun, IQ bukanlah segala-galanya. Kecerdasan anak bisa dioptimalkan melalui beberapa hal, antara lain:

1. Pengembangan bahasa
Yang terpenting, sering-seringlah mengajak berdialog, bahkan ketika anak masih bayi. Lalu, kalau anak sudah mulai masuk TK, beri ia kesempatan untuk mengemukakan pendapat. "Pancing dengan pertanyaan, apakah ia bahagia di sekolah, bukan menanyakan sanggup nilai berapa," jelasnya.

2. Kemampuan dasar matematika
Dapat dikembangkan dengan mengenalkan konsep matematika sederhana. Misalnya, menghitung jumlah anak tangga atau tinggi dan berat tubuh anak.

3. Kebutuhan ilmiah
Tak ada salahnya mengajak anak mengamati pertumbuhan kecambah, proses telur yang menetas, memperhatikan pesawat udara tinggal landas, dan sebagainya.

4. Suka mempelajari sesuatu yang baru
Orang bau tanah bisa memberi rangsangan dengan bermain logico. Permainan ini juga bisa memicu interaksi antara anak dan orang tua.

Nah, kalau Anda sebagai orang bau tanah bisa memberi dorongan dan motivasi, jangan heran kalau anak 'ngotot' menghabiskan waktu berjam-jam bermain dan berguru bersama Anda. Waktu masih kecil, semua pertanyaan Steven Spielberg selalu dilayani oleh orang tuanya. Dan cara ini ternyata berhasil mencetak seorang sutradara film handal.

sumber : dunia edukasi
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel