Soal UTS SMP IPS Kelas 8 Semester 2/ KTSP Th. 2016-2017

 Download dan dapatkan soal latihan uts genap SMP Kelas VIII IPS semester  Soal UTS SMP IPS Kelas 8 Semester 2/ KTSP Th. 2016-2017

foldersoal.com - Download dan dapatkan soal latihan uts genap SMP Kelas VIII IPS semester 2 untuk berlatih tahun ajaran 2016 2017 sesuai dengan kurikulum KTSP.

Berikut adalah Soal UTS SMP IPS Kelas 8 Semester 2/ KTSP yang bisa sobat dapatkan untuk berlatih, yaitu :

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf a, b, c, atau d !
1. Pada dasarnya, tujuan utama seseorang melakukan hubungan sosial dalam masyarakat adalah ...
a. Memperluas pertemanan  b. Memenuhi kebutuhan hidup
c. Menciptakan rasa aman d. Mempertahankan diri

2. Interaksi sosial adalah suatu proses dimana terjadi kontak sosial saling mempengaruhi. Hal yang paling penting dalam interaksi sosial itu adalah .....
a. Berkaitan dengan untung/rugi  b. Saling mengalah c. Bersifat timbal balik d. Saling tergantung

3. Hubungan sosial yang dapat mendorong terjadinya keteraturan sosial adalah .....
a. Kerja sama c. Persaingan b. Pertikaian d. Pertentangan

4. Contoh kerja sama yang berkaitan dengan kepentingan umum adalah .....
a. Pesta perkawinan  b. Ronda malam c. Mendirikan rumah d. Menolong orang yang jatuh

5. Berjabat tangan, berkenalan, dan saling menegur merupakan permulaan dalam membentuk hubungan .....
a. Antar kelompok b. Antar individu
c. Antara Individu dengan kelompok d. Antar individu dengan negara

6. Faktor yang mendasari manusia untuk hidup bersama dengan orang lain adalah .....
a. Menguasai makhluk lain b. Untuk berperang
c. Mengeksploitasi sumber daya manusia d. Memenuhi kebutuhan hidup

7. Penyebab timbulnya pertentangan atau konflik adalah .....
a. Persamaan kebudayaan b. Persamaan kepentingan
c. Perbedaan kepribadian d. Adanya perubahan sosial

8. Hubungan sosial yang mengarah pada perpecahan, pertentangan dan konflik merupakan hubungan sosial yang bersifat .....
a. Asosiatif c. Disasosiatif b. Simetris d. Akomodasi

9. Usaha manusia untuk meredakan ketegangan akibat konflik dalam rangka mencapai kesetabilan adalah .....
a. Akomodasi c. Akulturasi b. Asimilasi d. Kerja sama

10. Kebudayaan Barongsai dan Menara Kudus merupakan perwujudan dari .....
a. Asimilasi c. Difusi b. Akulturasi d.Internalisasi

11. Pranata sosial lahir dilatarbelakangi oleh adanya .....
a. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
b. Keinginan manusia untuk bekerja sama dengan manusia lain
c. Kompetisi manusia untuk selalu maju menghadapi tantangan
d. Adanya keanekaragaman kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi

12. Suatu norma sosial dapat dikatakan sebagai pranata sosial adalah .....
a. Aturan yang berlaku dinyatakan dengan jelas
b. Sebagai warga masyarakat menerima keberadaannya
c. Bagi pelanggar tidak ada sanksi sosial kemasyarakatannya
d. Dijadikan pedoman dalamberperilaku dan berinteraksi sosial

13. Peranan pranata dalam kehidupan sosial kemasyarakatan adalah .....
a. Sebagai pedoman bersikap dan bertingkah laku b. Memenuhi hajat hidup orang banyak
c. Meningkatkan status manusia dalam kehidupan d. Memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia

14. Pranata  yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia  untuk mencapai kesejahteraan disebut sebagai pranata .....
a. Agama c. Keluarga b. Ekonomi d. Pendidikan

15. Anak – anak merasa terlindungi karena orang tuanya dapat menjadi tumpuan pengaduannya. Pernyataan tersebut merupakan suatu bentuk keluarga yang berfungsi sebagai .....
a. Perlindungan c. Edukatif b. Pelestarian d. Reproduksi

16. Keluarga merupakan kelompok sosial yang terdiri atas dua orang atau lebih yang diikat melalui perkawinan.  Keluarga inti terdiri dari .....
a. Ayah, ibu, anak dan cucu b. Ayah, ibu, anak, nenek, dan kakek
c. Ayah, ibu, dan anak yang belum menikah d. Ayah, ibu, paman, anak, menantu dan cucu

17. Keluarga menjadi tempat untuk memperoleh pendidikan, perlindungan, dan tempat merencanakan masa depan bagi anak. Fungsi keluarga diatas termasuk .....
a. Fungsi biologis b. Fungsi orientasi c. Fungsi reproduksi d. Fungsi edukasi

18. Pranata agama atau kepercayaan kepada adanya Tuhan Yang Maha Esa dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan .....
a. Spiritual c. Kekuasaan b. Material d. Keindahan

19. Pada dasarnya pranata politik merupakan perangkat norma dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksana .....
a. Kekuasaan dan wewenang b. Hak dan kewajiban
c. Pemerintahan negara
d. Hubungan antara pemerintah dengan rakyat

20. Pemilikkan simbol sendiri pada setiap pranata sosial dimaksudkan untuk .....
a. Menandai tingkat usia pranata sosial b. Menunjukkan adanya tata tertib pranata
c. Menandai kekhasan suatu pranata d. Menyatakan adanya ideologi tersendiri

21. Penyuluhan terhadap bahaya merokok disekolah merupakan upaya pengendalian sosial secara .....
a. Preventif c. Kuratif b. Represif d. Efektif

22. Seorang guru mendidik siswa, polisi menjaga keamanan dan melayani masyarakat. Apabila semua berlangsung sesuai status dan peranannya masing –masing akan tercipta suatu kondisi yang
dinamakan .....
a. Penyimpangan sosial b. Tindakan sosial c. Ketertiban sosial d. Sistem sosial

23. Guru menegur siswanya yang tidak mengerjakan PR, merupakan contoh pengendalian sosial yang bersifat .....
a. Persuasif c. Represif b. Kuratif   d. Preventif

24. Peranan nilai dan norma dalam pengendalian sosial adalah .....
a. Mendorong masyarakat untuk berprestasi
b. Sebagai alat pengontrol tingkah laku anggota masyarakat
c. Mengajak masyarakat untuk berprestasi dalam pembangunan
d. Meningkatkan hubungan sosial dalam masyarakat

25. Pada dasarnya pengendalian sosial mempunyai tujuan .....
a. Menciptakan masyarakat yang tidak bebas
b. Mencapai keserasian dan keteraturan dalam masyarakat
c. Membatasi perilaku anggota masyarakat
d. Menghukum setiap perilaku yang menyimpang

26. Hal pertama yang harus dilakukan orang tua terhadap anak sebagai pencegahan
penyimpangan sosial adalah .....
a. Menanamkan budaya asing kepada anak
b. Menanamkan nilai-nilai kesopanan dan norma sosial sejak dini
c. Membiarkan anak mencari jati dirinya
d. Mendidik anak dengan ketat dan keras

27. Melalui pendidikan dapat diupayakan pengendalian sosial karena .....
a. Melalui pendidikan siswa menjadi pandai
b. Pendidikan mengajarkan siswa untuk maju
c. Pendidikan mendidik siswa untuk mengetahui nilai-nilai yang dianggap baik, luhur, pantas,  benar, dan indah untuk kehidupan
d. Pendidikan tidak memberikan manfaat apapun

28. Pihak yang berperan untuk membina dan mengendalikan sikap serta perilaku warga masyarakat agar sesuai dengan norma adat yang berlaku adalah
a. Ketua RT b. Hakim c. Pemuka agama d. Tokoh adat

29. Suatu cara pengendalian sosial dengan cara melakukan ejekan terhadap orang yang melakukan
penyimpangan dinamakan .....
a. Pengucilan c. Desas-desus b. Teguran d. Cemoohan

30. Pengendalian yang bersifat formal dapat dilakukan oleh .....
a. Tokoh adat b. Polisi c. Tokoh masyarakat d. Tokoh pemuda

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Tuliskan 2 syarat terjadinya hubungan sosial !
2. Apa yang dimaksud dengan imitasi ? dan tuliskan contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
3. Apa yang dimaksud dengan pranata sosial ?
4. Tuliskan 5 macam pranata sosial !
5. Jelaskan hal – hal yang mungkin terjadi apabila tidak berfungsinya lembaga pengendalian  sosial (Polisi) di suatu negara !

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel