Guru Ngeblog, Adakah Nilai Tambahnya ?

Seiring dengan perkembangan dan dinamika masyarakat yang makin mengarah ke situasi global, agaknya blog telah menjadi media yang diminati sebagai “rumah maya” untuk menampung pemikiran-pemikiran kritis dan kreatif. Blog dianggap telah menjadi media virtual yang tidak hanya sekadar dijadikan sebagai media berekpresi, tetapi juga telah menembus dimensi industri. Sudah banyak bloger di negeri ini yang sukses meraup dolar melalui blog. Meski demikian, blog tetap saja tak bisa dipisahkan fungsinya sebagai media umum untuk berinteraksi dengan sesamanya secara maya.

Persoalannya sekarang, apakah guru yang notabene juga menjadi potongan dari masyarakat global perlu memanfaatkan blog sebagai media untuk melaksanakan aktualisasi diri? Perlukah guru mempunyai blog sebagai salah satu pilar untuk meningkatkan profesionalismenya? Adakah manfaat mudah yang bisa didapatkan dari sebuah blog hingga seorang bloger yang kebetulan juga seorang guru rela berpayah-payah menyisihkan waktu untuk ngeblog, membayar rekening listrik yang membengkak, atau koneksi internet yang mesti rutin dibayar setiap bulannya? Apakah guru yang melaksanakan kegiatan ngeblog dengan sendirinya bisa “menyulap” siswa didiknya menjadi generasi masa depan yang cerdas dan berkarakter? Apa untungnya guru ngeblog dari sisi keilmuan dan kemajuan dunia pendidikan?

Blog, dalam pandangan awam saya, sejatinya merupakan sebuah media virtual yang tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai media beraktualisasi diri, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan “branding identitas” di tengah belantara media virtual lain yang makin bermacam-macam dan variatif. Selain blog, tak terhitung jumlah jejaring sosial yang sama-sama berkehendak menyajikan “branding identitas” untuk mengekspresikan pemikiran-pemikiran kreatif. Namun, dari sekian media virtual yang ada, saya harus menyampaikan bahwa blog masih belum terkalahkan dalam menyajikan pemikiran-pemikiran kreatif yang sanggup menemukan “branding identitas” itu. Dalam bahasa sederhana, blog tak jauh berbeda dengan “rumah maya” dalam sebuah perkampungan global yang bisa bersanding dengan ruang-ruang maya yang lain.


Secara langsung, blog memang tidak bisa memperlihatkan manfaat mudah terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran dan bisa menyihir generasi masa depan negeri ini menjadi sosok yang cerdas dan berkarakter. Namun, secara tidak langsung, blog bisa dijadikan sebagai media untuk memperlihatkan asupan dan nutrisi batin terhadap bloger yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensi dirinya. Jika dikaitkan dengan tugas guru sebagai biro pembelajaran, kegiatan ngeblog telah menyentuh naluri seorang guru untuk membebaskan mitos penerima didik sebagai robot yang hanya bisa menjalankan perintah dan taat pada komando. Peserta didik yaitu potret generasi masa depan yang harus bisa memilih jalan hidupnya secara cerdas dan kreatif, hingga kelak mereka bukan menjadi beban bangsa, melainkan justru menjadi “katalisator” yang bisa memadukan kekuatan, baik di dalam dirinya maupun di luar dirinya, hingga sanggup melahirkan potensi dahsyat untuk melaksanakan sebuah perubahan.

Dalam konteks demikian, blog pada hakikatnya merupakan media untuk melaksanakan aksi-aksi kritis, kreatif, dan reflektif melalui goresan pena berbasiskan semangat menyebarkan dan bersilaturahmi. Dari sisi finansial, blog bisa jadi belum bisa menjanjikan banyak keuntungan. Namun, dari sisi yang lain, selalu saja ada nasihat tersembunyi di balik kegiatan ngeblog itu. Yang jelas, dari sisi keilmuan, ngeblog akan terus memacu kita untuk tidak pernah berhenti belajar. Dari situlah pengetahuan dan ilmu kita akan terus berkembang seiring dengan makin banyaknya goresan pena yang kita publikasikan sehingga akan melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif untuk ikut memperlihatkan sumbangsih pemikiran terhadap dinamika dunia pendidikan.

Lantas, bagaimana membagi waktu antara kegiatan ngeblog dan mengajar? Dari sisi waktu, guru termasuk profesi yang cukup “menguntungkan”. Tugas mengajar dalam sehari hanya sekitar delapan jam. Ini artinya, masih banyak waktu luang yang tersisa, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan lain yang bermanfaat, termasuk ngeblog.

Dengan kata lain, kegiatan mengajar seorang guru tidak akan terganggu oleh kegiatan ngeblog. Ada pengalaman kreatif yang tak bisa dilupakan ketika seorang guru secara serius menekuni kegiatan ngeblog. Selain bisa melaksanakan agresi melalui tulisan, menumbuhkan semangat menyebarkan dan bersilaturahmi, tulisan-tulisan yang terpublikasikan di blog bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Buku kumpulan cerpen (Kumcer) berjudul “Perempuan Bergaun Putih”, misalnya, bisa terbit berkat derma seorang sobat bloger yang kebetulan mempunyai kepedulian terhadap dunia sastra.

Yang menarik, kumcer tersebut diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta pada tanggal 16 Mei 2008 yang silam, bersamaan dengan diskusi buku puisi “Kembali dari Dalam Diri” karya penyair Malaysia, Dr. Ibrahim Ghaffar. Peristiwa semacam itu agaknya hanya akan menjadi sebuah mimpi kalau saya tidak melaksanakan kegiatan ngeblog.

Tentu saja, tidak semua goresan pena yang terpublikasikan di sebuah blog layak diterbitkan menjadi sebuah buku. Ada banyak faktor yang memengaruhinya. Menurut ekonomis saya, ada dua hal penting dan fundamental bagi seorang bloger semoga bisa menciptakan postingan kreatif dan disukai pembaca, yakni muatan isi dan bahasa. Dari sisi muatan isi, sebagaimana tulisan-tulisan di media “mainstream” yang lain, blog perlu menyuguhkan postingan-postingan yang cerdas, mencerahkan, sekaligus menghibur, tidak sektarian, bersifat inklusif, dan sejauh mungkin menghindari unsur SARA.

Cerdas lebih banyak terkait dengan bagaimana perilaku bloger dalam menyuguhkan argumen, data, atau bukti pada setiap postingan (terutama pada postingan genre nonfiksi). Sedangkan, mencerahkan lebih banyak terkait dengan kemampuan sang bloger dalam memperlihatkan masukan, solusi, pesan moral, imbauan yang penuh empati, dan sejauh mungkin menghindari kesan menggurui.

Namun, muatan isi saja tidaklah cukup. Bloger juga perlu mempertimbangkan penggunaan bahasa yang komunikatif, sehingga pesan-pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan gampang oleh pembaca. Hal ini penting, karena tujuan setiap postingan di blog yaitu semoga bisa dibaca dan dipahami dengan gampang oleh pembaca. Di tengah arus informasi yang terus mengalir setiap hari, agaknya (hampir) tak ada waktu bagi para pemburu informasi di dunia maya untuk berlama-lama membaca sebuah postingan di blog.

Kalau tidak dikemas dengan bahasa yang menarik dan komunikatif, blog akan segera ditinggalkan pembaca. Yang tidak kalah penting, judul postingan juga perlu dipertimbangkan. Saya biasa memakai judul yang agak “provokatif” dan memancing rasa ingin tahu pembaca, tetapi relevansi dengan isi postingan tetap terjaga. Jangan hingga postingan hanya anggun dan menarik judulnya, tetapi isinya sama sekali tidak ada relevansinya, apalagi kalau hanya dimanfaatkan untuk kepentingan SEO (Search Engine Optimization). Mungkin untuk sementara waktu bisa meningkatkan trafik dan jumlah pengunjung, tetapi yakinlah postingan blog yang “menipu” pembaca semacam itu akan segera ditinggalkan pembaca, bahkan bisa “mati suri”.

Setidaknya ada tiga faktor penentu suksesnya sebuah blog, yakni content (isi), speed (kecepatan akses) blog, dan tampilan. Content blog menjadi faktor utama. Blog yang mempunyai content anggun dan konsisten dalam menyajikan postingan-postingan yang bermutu akan dirindukan oleh pengunjung. Semakin banyak pengunjungnya, blog akan semakin menduduki peringkat yang anggun pada search-engine (mesin pencari) ibarat google atau yahoo. Content blog yang bermutu akan semakin anggun peringkatnya di halaman mesin pencari kalau didukung oleh kemampuan memanfaatkan webmaster tool (milik google), jejaring sosial (facebook atau twitter), atau mendaftarkan blog ke aneka macam situs bookmark (digg.com, stumbleupon.com, del.icio.us, technorati.com, dsb).

Yang tidak kalah penting diperhatikan yaitu speed (kecepatan akses) blog. Semakin kencang dan ringan speed sebuah blog, semakin banyak pengunjungnya. Banyak pengunjung yang dengan terpaksa harus lari dan meninggalkan blog tertentu karena beratnya loading sebuah blog. Para pengunjung tidak mau direpotkan untuk mengunjungi web/blog tertentu yang sulit diakses. Dalam situasi ibarat ini, seorang bloger perlu juga sedikit mempelajari bahasa CSS (Cascading Style Sheets) dan html (HyperText Markup Language) yang sesuai dengan standar web sehingga bisa mendesain blog yang lebih anggun speed dan struktur css/html-nya.

Tampilan (theme) juga penting diperhatikan. Tampilan blog yang anggun dan menarik bisa menarik minat pengunjung untuk berlama-lama menjelajahi arsip blog kita. Kemampuan mendesain struktur tampilan blog, ibarat pengaturan home-page, post-page, kafe samping, atau bentuk font, akan ikut memilih menarik atau tidaknya tampilan blog kita.

Dari sisi finansial, memang blog yang selama ini saya kelola belum memperlihatkan banyak laba dan penghasilan, karena orientasi saya ngeblog memang bukan semata-mata untuk mencari uang. Namun, yang lebih penting dan substansial, blog telah menjadi rumah maya, menjadi “ikon” yang menghubungkan ruang batin dan pemikiran saya dengan pembaca. Itulah sebabnya, nilai kepuasan batiniah yang saya peroleh jauh lebih menciptakan spirit saya untuk ngeblog makin tumbuh dan berkembang. Melalui blog, saya bisa menjalin silaturahmi dengan siapa saja secara lintasbudaya, lintasagama, lintassuku, bahkan lintasbenua. Melalui blog pula, saya bisa membangun semangat berbagi, bercurah pikir, berinteraksi, dan bisa memacu “adrenalin” saya untuk terus menulis, menulis, dan menulis.

Ngeblog, bagi saya juga sangat ditentukan oleh visi, misi, dan orientasi bloger yang bersangkutan dalam menjalankan aktivitasnya. Kalau blog semata-mata untuk mencari uang, mungkin kita akan kecewa dan segera kendur semangat ngeblognya, karena untuk bisa sukses menjalankan bisnis online butuh kerja keras, pantang menyerah, dan keuletan ibarat halnya dalam bisnis offline. Namun, kalau ngeblog dilandasi kecintaan, niat yang lapang dada untuk membangun semangat menyebarkan dan bersilaturahmi, ngeblog terasa jauh lebih indah dan menyenangkan.

Kita bisa mengenal dan berinteraksi dengan bermacam-macam abjad insan yang belum tentu bisa kita peroleh secara pribadi pada dunia nyata. Yang tidak kalah penting, blog bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran di tengah tantangan hidup yang makin rumit dan kompleks, sehingga menciptakan hidup kita jadi terasa lebih damai, tenang, bahkan bisa menciptakan kita menjadi lebih arif, matang, dan dewasa.

Secara empirik, setidaknya ada empat jenis goresan pena yang dipublikasikan di sebuah blog. Pertama, goresan pena untuk memberikan informasi. Tulisan semacam ini biasanya memakai ragam bahasa resmi dan lugas. Hal ini masuk budi karena untuk menghindari kekeliruan dalam menafsirkan maksud yang terkandung di dalamnya. Untuk memperlihatkan informasi kepada pengunjung, goresan pena semacam ini sering memanfaatkan sumber dari blog atau web lain, baik dengan cara memperlihatkan tinjauan, terjemahan, maupun kopi-paste –tanpa mengebiri etika dalam dunia kepenulisan– sehingga pengunjung memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya. Tulisan isu dan ilmu pengetahuan bisa dikategorikan pada jenis kepentingan ekspresi ini.

Kedua, goresan pena untuk kepentingan mencurahkan isi hati (curhat) dan menghibur pengunjung. Bahasa yang dipakai untuk kepentingan ekspresi semacam ini seringkali memakai bahasa gado-gado. Tujuan utamanya memang semata-mata untuk curhat dan menghibur pengunjung. Ragam bahasa yang dipakai cenderung variatif dan tidak terlalu “tunduk” pada kaidah-kaidah baku dalam struktur kebahasaan. Bahkan, tak jarang memakai tiga bahasa sekaligus; bahasa Indonesia, daerah, dan asing. Tulisan jenis ini biasanya sangat gampang memancing kesan-kesan emosi pengunjungnya, entah itu rasa iba, humor, atau sedih.

Ketiga, goresan pena untuk kepentingan refleksi. Tulisan jenis ini bisa berasal dari insiden nyata (non-fiktif) atau menurut imajinasi penulisnya (fiktif). Refleksi non-fiktif biasanya membahas persoalan-persoalan faktual dan menyangkut kepentingan publik yang dianalisis secara kritis menurut renungan dan budi sang penulis. Bahasa yang dipakai dalam postingan jenis ini biasanya lugas, cenderung “liar” dan berani. Hal ini berbeda dengan postingan jenis refleksi-fiktif.

Persoalan yang diangkat biasanya berasal dari pengalaman hidup, baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain, yang disajikan dalam genre narasi, puisi, atau cerpen. Bahasa yang dipakai cenderung personal dan bersifat multitafsir. Sebagai goresan pena reflektif, goresan pena jenis ini berusaha memotret aneka macam fenomena kehidupan untuk selanjutnya didedahkan lewat media bahasa pilihan yang benar-benar tertata, sehingga bisa memperlihatkan sesuatu yang bermakna dalam ranah batin pembacanya.

Keempat, goresan pena untuk kepentingan persuasi. Tulisan ini berusaha mengajak dan memengaruhi pembaca untuk melaksanakan sebuah tindakan sesuai dengan harapan sang penulis. Ragam bahasa yang dipakai cenderung lugas semoga gampang dipahami pembaca dengan memakai alasan yang logis dan masuk akal. Lewat tulisannya, sang penulis berusaha meyakinkan pembaca bahwa apa yang dipaparkan itu benar adanya. Tulisan yang mengajak pembaca untuk “golput” dalam sebuah pilkada atau mengajak pembaca untuk memperlihatkan subsidi sukarela kepada sesama, misalnya, bisa dikategorikan ke dalam jenis kepentingan ekspresi ini.

Kelima, goresan pena untuk kepentingan pembelajaran. Tulisan ini berusaha memperlihatkan petunjuk dan bimbingan teknis perihal cara melaksanakan tindakan tertentu. Bau “how to“-nya sangat terasa sehingga cenderung menggurui. Ragam bahasa yang dipakai cenderung lugas dan apa adanya semoga gampang dipahami pembaca dan terhindar dari salah tafsir.

Blog pribadi seringkali dipakai oleh sang penulis (admin) untuk aneka macam macam kepentingan ekspresi. Ada warna “pelangi” di sana. Saya jarang menemukan blog yang mono-ekspresi. Ragam bahasa yang dipakai bervariasi sesuai dengan kepentingannya. Blog curhat pun sesekali diselingi dengan goresan pena serius dengan ragam bahasa baku. Ini artinya, seorang bloger bisa berkomunikasi kepada pengunjung dengan mengusung bermacam-macam tema. Hal itu agaknya sangat dipengaruhi oleh kepentingan sang bloger dalam mengekspresikan perasaan dan pikirannya. Bisa jadi, suasana “gado-gado” semacam itu juga dimaksudkan untuk menghindari kejenuhan, baik bagi sang bloger yang bersangkutan maupun pengunjung.

Nilai Tambah Sebuah Blog

Saat ini, dunia maya makin dinamis dengan hadirnya banyak blog yang penuh “warna”, gaya, dan muatan isinya. Apalagi, kini juga banyak web yang memperlihatkan layanan gratis. Dunia pendidikan yang diyakini menjadi “kawah candradimuka” peradaban, juga akan makin dinamis dan berkembang pesat kalau banyak guru yang bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan kegiatan ngeblog. Bahkan, bukan tidak mungkin, blog akan menjadi media interaktif dalam sebuah pembelajaran elektronik yang menarik dan menyenangkan untuk penerima didik.

Sudah saatnya blog menjadi “piranti” dan media strategis untuk melaksanakan aksi, berbagi, dan bersilaturahmi di tengah peradaban yang kini dinilai sedang “sakit”. Melalui blog, kita bisa memperlihatkan “pencerahan” kepada publik akan pentingnya makna kearifan hidup sehingga tidak gampang terangsang untuk melaksanakan tindakan-tindakan konyol dan tak terpuji yang bisa menodai gambaran keharmonisan hidup.

sumber: sawali
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel